Sweetest Nightmare

Berani Bermimpi adalah Berani Mengambil Risiko dan Kesempatan

Jatuh (terlalu) Cinta


Saya sempat berpikir ingin memberi judul posting ini dengan “Tepok Jidat”. Ya ampun, judul yang nggak menarik sama sekali. Judul yang tidak ‘menjual’, hingga mengakibatkan tidak akan dibeli. Hehehe... tapi saya tidak ingin memberi judul itu, karena saya telah menemukan judul yang benar-benar sempurna.

Kejadian-kejadian yang terjadi selama beberapa hari terakhir ini. Saya berencana bahwa selama bulan Ramadhan ini akan shalat tarawih di hampir semua masjid/mushola yang ada di desa saya. Sejauh ini, keinginan saya terlaksana dengan baik dan menyenangkan. Di beberapa tempat tersebut, saya (yang selalu pergi bersama ibu) mendapati kejadian yang membuat kami terharu, tertawa, dan lainnya.

Fakta pertama adalah jarang ada orang yang mengenal saya secara pribadi kalau saya tidak sedang bersama ibu. Tetangga yang rumahnya dekat dan keluarga-keluarga besar sih pastinya sudah kenal, tapi kan kami shalat di masjid/mushola yang jarang kami kunjungi. Ketika saya sendirian, warga tidak akan mengenal saya sebagai diri saya, tapi ketika bersama ibu, warga akan tahu bahwa saya adalah anak bapak dan ibu. Hehehe...saya ternyata tidak terlalu terkenal seperti ketika masih kecil dulu.

Fakta kedua adalah tiap mushola/masjid benar-benar berbeda cara penyelenggaraan Shalat Tarawih. Saya menyukai fakta ini, meskipun saya lebih sepakat dengan ke-seragam-an dalam ibadah. IMHO saja lah.

Fakta ketiga adalah nama saya di desa saya sendiri bermacam-macam. Sebagian besar orng yang mengenal saya, memanggil saya dengan nama Yaya. Sebagian lainnya memanggil Mara. Ramadhan kali ini saya baru tahu kalau tetangga ada yang memanggil saya dengan panggilan lain.
Jadi ceritanya kita shalat di sebuah masjid baru. Ibu yang sudah kenal dengan dengan beberapa jamaah langsung bersalaman dan bertukar kabar. Ketika ibu ditanya datang dengan siapa, ibu langsung bilang dengan anaknya yang perempuan. Saya kaget sekali ketika jamaah tersebut (ehmm...saya memanggilnya ‘mbah’ sebenarnya), dengan sangat ramah mbah tersebut langsung berkata (Percakapan dilakukan dengan bahasa Jawa, namun dalam posting ini sudah saya alihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia) “Oalah...datang dengan Mbak Lala.”
Seumur umur, baru kali ini saya dipanggil ‘Lala’. Sebenarnya ada juga yang memanggil saya Naya, Nara, atau Rara, tapi nama-nama itu sudah saya dengar beberapa kali. hehehe

Fakta keempat saya dianggap sebagai cucunya ibu. Ini membuat saya dan ibu terpingkal-pingkal ketika membahasnya keesokan hari.
Kami datang ke sebuah mushola, lalu seperti biasa, ibu berinteraksi dengan beberapa jamaah yang sudah dikenal. Salah seorang jamaah langsung menanyai ibu, “Datang dengan cucunya, Bu?” (Percakapan dilakukan dengan bahasa Jawa, namun dalam posting ini sudah saya alihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia)
Keesokan harinya ketika kami membahas, saya langsung bilang kepada ibu, “Berarti aku masih imut banget ya?”
Lantas ibu menjawab, “Aku mikir dua hal, berarti kamu dianggap masih imut dan ibu dianggap sudah tua banget."

Masih banyak sekali hal yang kami temukan selama melakukan safari Tarawih. Menyenangkan, seru, kadang membuat haru, dan berbagai macam cerita yang tidak kami temukan di Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Saya sampai lupa cerita apa saja yang pernah menjadi bahan pembicaraan kami di rumah sepulang dari Tarawih di sebuah mushola atau masjid. Saya terlalu menikmati Ramadhan kali ini, karena ini adalah Ramadhan yang akan saya nikmati di rumah full selama satu bulan.

Saya benar-benar telah jatuh cinta pada Ramadhan.
Picture here

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Mereka yang Mampir

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Guess House

free counters

Popular

Clock

Meeting Room

About Me

Foto Saya
Asmara Nengke
Solo, Indonesia
Not too simple, just unique, extraordinary and limited-edition. Others' big words mean nothing to me.
Lihat profil lengkapku

Kanca-Kanca

Talk to Me

Up to Date